INOVASI TEKNOLOGI DALAM DUNIA BISNIS

Perkembangan teknologi informasi yang pesat dipicu oleh kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat, dan terkini. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama untuk kegiatan berbagai sektor kehidupan yang memberikan kontribusi besar terhadap perubahan mendasar dalam struktur dan operasi manajemen organisasi, teknologi informasi telah dimanfaatkan oleh sebagian orang yang dapat melihat peluang bisnis dari teknologi, pengaruh dan peran Teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online semakin berkembang.

           Mereka yang paham bisnis bisa melihat peluang bagus di dunia bisnis online. Karena banyak sekali keuntungan atau keuntungan dalam bisnis online. Jadi, Teknologi Informasi (TI) memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis online Teknologi informasi atau IT selama ini banyak disebut berperan penting dalam berbagai bidang yang ada di dunia ini. Bidang-bidang tersebut meliputi komunikasi, kedokteran, ekonomi dan lain-lain. Bisnis online yang banyak mewabah ini tak lepas dari pengaruh dan peran IT.

     Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang bisnis akan memberikan dampak positif yang besar untuk jalanya bisnis yang kita bangun. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang bisnis:



1). Munculnya peluang bisnis baru (E-business), dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.

2). Mengurangi biaya produksi dan operasional. Kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.

3). Sales and Marketing Support. Dengan dukungan teknologi informasi terkait pemasaran dan penentuan harga, dapat membantu mengingkatkan pendapatan dari penjualan.

4). Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi.

5). Menghemat biaya.
Meskipun implementasi teknolog informasi membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, namun memiliki manfaat jangka panjang dalam hal penghematan biaya. Teknologi informasi memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya transaksi dan implementasi.

 6). Menjalin kerjasama atau berkolaborasi. Bekerja dalam sebuah tim sangat penting dalam setiap bisnis. Kerja tim dapat menjadi lebih kompleks manakala anggota tim bekerja pada departemen yang berbeda, atau berada dalam zona waktu yang berbeda, atau berbeda perusahaan. Teknologi informasi membantu menjembatani jarak dengan membuat beberapa kegiatan seperti brainstorming, mengadakan rapat secara virtual, berbagai dokumen, bertemu dengan mitra bisnis baru, dan berkolaborasi dengan para ahli diluar perusahaan dari lokasi yang berbeda.

 Jadi peran perkembangan teknologi informasi pada saat ini tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis, karena perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Namun selain memberikan manfaat dalam bidang bisnis, teknologi infromasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karen itu, untuk pengunaannya harus digunakan secara bijak.


http://www.ejurnal.unisri.ac.id

 https://www.kompasiana.com

 http://www.erakonsultan.com

 https://pakarkomunikasi.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA STORY TELLING